Jumat, 19 Februari 2016

Jenis-Jenis Cloud Server

Jenis-Jenis Cloud Server
Jenis-Jenis Cloud Server
Hi guys, sudah tidak asing lagi kan dengan cloud server ? Jika kalian lupa apa itu cloud server, saya ulang pengertiannya saja nih.
Cloud server adalah sebuah teknologi yang menggabungkan antara komputer dengan suatu jaringan berbasis internet.
Eh, sekalian deh sama fungsinya, siapa tau kalian agak lupa juga, hehe.. 
Fungsinya untuk menjalankan berbagai program dari sebuah komputer dengan menggunakan akses internet. Dengan pengertian dan fungsinya saja kita bisa lihat bahwa manfaatnya pasti bagus juga. 

Yuk kita lihat manfaat cloud server :
1. Penyimpanan data tersimpan pada server yang telah disediakan secara terpusat.
2. Keamanan data lebih terjamin dengan adanya layanan yang diberikan perusahaan penyedia cloud server ini kepada para pengguna layanannya.
3. Dapat diakses kapan dan dimana saja asal terkoneksi dengan jaringan internet.

Nah, kalian kan sudah tau tentang pengertian, fungsi, dan manfaatnya juga nih. Tapi apa kalian sudah tau apa jenis-jenis dari cloud server ?  Kalau kalian belum tau, silakan disimak, guys.

Berikut adalah jenis-jenis dari cloud server :

1. Public Cloud Server
Public Cloud Server merupakan jenis cloud yang paling sering digunakan. Jenis ini adalah layanan cloud yang disediakan untuk mengakses infrastruktur bersama yang sama. Contohnya : webmail, penyimpanan dokumen online yang dapat dilihat semua orang.

2. Private Cloud Server
Dilihat dari namanya saja udah ketahuan ya guys. Jadi nih, pada jenis yang ini, jelas lebih privasi dibandingkan public cloud server. Jenis cloud server yang ini hanya bisa diakses oleh pihak tertentu, maka bisa dibilang jenis ini lebih aman dibandingkan yang pertama tadi. Contohnya : penyimpanan data finansial atau pencatatan keuangan perusahaan.

3. Hybrid Cloud Server
Hybrid Cloud Server adalah jenis yang menggabungkan fungsi public dan private untuk melakukan fungsi yang berbeda. Perusahaan bisa menggunakan public cloud server untuk kebutuhan operasi yang tidak rahasia. Sedangkan perusahaan bisa menggunakan private cloud server untuk kebutuhan operasional yang bersifat rahasia.

Manfaat dari jenis public cloud server dan private cloud server antara lain :

1. Public Cloud Server
- Biaya yang lebih efisien
- Mudah diakses seluruh karyawan dari perusahaan

2. Private Cloud Server
- Keamanan lebih terjamin, karena tidak semua tingkat karyawan dapat mengakses
- Mudah mengontrol pertukaran data dan siapa saja yang dapat mengaksesnya

Nah, udah pada tau ya jenis-jenisnya nih guys. Jadi saya mau mengakhiri postingan saya yang satu ini. Semoga bermanfaat ^_^ 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar