Jumat, 02 Juni 2017

PENGERTIAN DAN FUNGSI DARI FTP SERVER

Hasil gambar untuk ftp
The Definition of FTP

    FTP (File Transfer Protocol) yakni protocol internet yang berfungsi sebagai transfer file antara mesin-mesin dalam sebuah antar jaringan (intranet/internet). FTP menggunakan port 21.

     Protokol pengiriman berkas (bahasa Inggris: File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan. (Wikipedia)

     FTP atau File Transfer Protocol merupakan salah satu layanan yang cukup populer di internet. Biasanya FTP digunakan untuk kepentingan unduh (download) dan unggah (upload) antar komputer yang terpisah secara geografis.

     FTP sendiri adalah sebuah protokol yang termasuk dalam keluarga TCP (Transfer Control Protocol), layanan ini pada dasarnya terdiri atas dua, yaitu server dan client.

     Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.

Fungsi FTP server adalah sebagai berikut : 

Ø  Untuk men-sharing data.
Ø  Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer.
Ø  Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user.
Ø  Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.

Hasil gambar untuk ftp
Cara kerja FTP:

Ø  Port standardFTP adalah 21 (pada server)
Ø  Pada sisi server, ftp server menunggu incoming connection di port 21 (default).
Ø  FTP client mencoba connect ke ftp server dengan memasukan user passwordnya

Ø  FTP server men-check apakah si user dan password nya valid,
Jika password yang di masukkan valid/benar maka FTP server langsung meredirect nya kedalam isi FTP server namun bila passwordnya salah maka koneksi akan ditolak.

Ø  Setelah user tervalidasi maka ftp client dapat men-download/men-upload atau pun mendelete file yang terdapat di server, tergantung dari hak akses yang dimiliki.

Macam Macam ftp server yang biasa digunakan pada Linux, yaitu :
Ø  Proftpd = Pro file transfer protocol Daemon
Ø  Vsftpd = very secure file transfer protocol Daemon
Ø  Pure ftpd = Pure file transfer protocol Daemon

Nah, itulah beberapa definisi dan fungsi dari FTP, guys. Oh ya kalau mau browsing dan internetan lebih cepat dan hemat.. Pakai paket internet murah dan cepat, pakai aja Hinet!:)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar