Rabu, 15 Juni 2016

Mari Mengerti Lisensi Pada Microsoft


Setiap kali kalian membeli produk microsoft asli pasti kalian menerima lisensi, seperti OEM. Nah kalian pernah berpikir ga sih apa sih gunanya lisensi microsoft itu dan ada berapa banyak lisensi microsoft. Nah saya mau berbagi nih ke kalian soal jenis-jenis lisensi microsoft dan kegunaanya.

Yuk langsung dilihat saja lisensi-lisensi dari microsoft. Oh ya hampir lupa sebelum itu kalian harus tau dengan yang namanya Certificate Of Authority (COA). COA adalah fitur keamanan untuk membantu pelanggan membedakan OS yang sah dari yang ilegal. Berikut bini lisensi dari microsoft :
  • Lisensi Microsoft Windows OEM: Original Equipment Manufacturing (Terinstal di PC atau server melalui produsen PC/server/diinstal bersama dengan pembelian computer/server baru). Lisensi OEM dibeli bersama / dibunddle dengan computer/server baru dan lisensi melekat pada hardware dan tidak dapat ditransfer ke komputer lain. Dalam hal ini hardware yang dimaksud adalah Motherboard. Jika motherboard ini ditingkatkan atau diganti untuk alasan lain selain cacat, maka komputer baru telah dibuat. Sistem Operasi Microsoft OEM tidak dapat ditransfer ke komputer baru, dan lisensi perangkat lunak sistem operasi baru diperlukan. Jika motherboard diganti karena rusak, Anda tidak perlu mendapatkan lisensi sistem operasi baru untuk PC selama motherboard pengganti adalah sama pembuat / model atau penggantian produsen yang sama di / setara, seperti yang didefinisikan oleh garansi pabrik . Jadi bila motherboard diganti karena rusak, harus gantinya sama persis/tidak dijamin lisensi tetap bisa dipakai. Product Key dan aktivasi per masing-masing komputer.Product Key dan aktivasi per masing-masing komputer.

  • Lisensi Microsoft FPP (Full Package Product/Retail). Versi lisensi FPP cocok untuk Pembeli yang mebutuhkan lisensi kurang dari 5 lisensi. Untuk pembeli yang memiliki PC 5 atau lebih, dianjurkan membeli Volume License seperti Microsoft OLP (Open License Program) yang lebih membantu menghemat waktu dan biaya serta lisensi lebih gampang dimanage.

  • Lisensi OLP : Open License Program. Lisensi melekat atas nama Perusahaan/Organisasi yang bersangkutan dan dapat ditransfer antar PC dalam Perusahaan/Organisasi yang sama. License ini biasa digunakan untuk perusahaan yang berskala menengah dengan jumlah komputer kurang dari 250 unit PC. Untuk jumlah computer 250 ke atas bisa mengunakan tipe Volume License lain.

  •  Lisensi untuk melegalisasi windows bajakan. Bila Anda / Perusahaan Anda masih menggunakan Operating System (OS) Windows XP Professional/Vista Business / Windows 7 Professional bajakan, segera legalisasikan Operating System Anda dengan penawaran spesial dari Microsoft, yaitu:
    • Legalisasi GGK (Get Genuine Kit).

      Solusi dari Microsoft untuk melegalisasikan Operating System (OS) PC Anda secara retail adalah dengan menggunakan Get Genuine Kit (GGK) Windows 7 Professional. untuk GGK menawarkan metode untuk mendapatkan Software Microsoft Original / Asli secara mudah, tanpa perlu memformat PC Anda, dan dengan biaya yang efektif.
    • Legalisasi GGWA (Get Genuine Windows Agreement).

      Microsoft menawarkan solusi legalisasi Operating System (OS) untuk perusahaan anda yang diberi nama GGWA (Get Genuine Windows Agreement). GGWA ini diperuntukan untuk melegalisasikan operating system di suatu perusahaan yang sebelumnya masih menggunakan windows yang tidak original.
Itulah jenis-jenis lisensi microsoft yang ada.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar