Jumat, 24 Juni 2016

Mau Foto Di Pantai, Cek Tips Yang Satu Ini Dulu


Kali ini Saya mau berbagi tips fotografi di pantai, sebagian besar orang pasti suka kepantai. Pantai memiliki ciri khas tertentu yang membuatnya menjadi objek foto yang terkenal, maka dalam mengambil foto di pantai mempunyai cara khusus tersendiri supaya mendapat hasil yang bagus, seperti saat memotret di pantai pada siang hari yang terik, kalau kamu menggunakan auto exposure, maka foto yang didapat akan menjadi gelap. Ada beberapa tips khusus yang dapat kamu gunakan jika ingin memotret pantai atau di pantai, tapi sebelumnya silahkan mampir ke cetak foto supaya dapat mencetak foto kamu nanti. Yaudah cek aja langsung :

  • Perhatikan Lokasi. Amati lokasi hunting dan temukan obyek menarik. Obyek menarik tidak harus yang wah, kadang yang sederhana justru yang paling menarik. Tentu berbeda-beda cara pandang untuk setiap orang.
  • Ketahui Komposisi. Seperti halnya jenis fotografi lainnya, sekali lagi komposisi merupakan bagian penting dari fotografi pantai. Mencari komposisi yang akan memandu mata pemirsa menikmati foto pantai yang indah. Hal ini sering dapat menjadi yang terbaik dicapai dengan memasukkan semacam latar depan atau foreground yang menarik. Horizon laut ini bisa kita gunakan sebagai penanda garis bawah atau garis atas dari batas-batas Rule of Third. Misalkan kita ambil komposisi 1/3 pantai, 1/3 laut dan 1/3  langit. Jika ada obyek lain misal perahu, bisa kita atur agar perahu tersebut terletak 1/3 frame dan menuju 2/3 frame lainnya.
  • Filter. Filter berfungsi sebagai alat bantu saja. Tidak menjadi penentu foto akan menjadi lebih bagus. Filter yang digunakan antara lain ND Filter (Neutral Density) yang berfungsi untuk mengurangi banjir cahaya, cocok digunakan pada siang hari. Kamu juga dapat menggunakan filter polarisasi bekerja dalam fotografi pantai dengan ajaib, meningkatkan biru langit dan umumnya membuat warna yang lebih cerah dan tajam. Filter CPL juga dapat digunakan untuk mempengaruhi tampilan air karena filter CPL berfungsi mengurangi refleksi, yang memungkinkan kamu untuk melihat ke dalam air laut.
  • Pencahayaan. Cobalah memotret pantai saat pagi haru atau di akhir hari, atau bahkan di sekitar matahari terbit dan terbenam, untuk mendapatkan kualitas cahaya yang lebih lembu. Saat-saat jam seperti itu juga bisa menghasilkan beberapa warna yang fantastis, dengan bayang-bayang panjang yang membawa keluar tekstur pantai.
  • Eksposur. Jika kamu menempatkan kamera kamu dalam mode auto eksposur sering akan over-kompensasi, underexposing dan mendapatkan foto pantai yang gelap dan kusam. Coba manfaatkan fitur kompensasi eksposur kamera kamu untuk mendapatkan eskporure yang tepat.
Tips-tips diatas adalah tips yang dapat kalian gunakan jika ingin berfotoria di pantai agar mendapat hasil yang maksimal dan memuaskan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar