Selasa, 01 Maret 2016

Cara Kerja Cloud Hosting ialah ?

Belakangan ini banyak perusahaan penyedia hosting yang menawarkan paket-paket hosting berbasis cloud hosting. Namun masih banyak yang masih awam dengan apakah yang dimaksud dengan cloud hosting

Oleh karena itu artikel ini akan menjelaskan tentang Cloud Hosting itu apa ? silakan menyimaknya semoga mudah dimengerti oleh Anda yang masih awam tentang hal ini. 

http://wadahilmu.blogdetik.com/2016/03/03/jenis-sepatu-vans-wanita

Cloud Hosting adalah sekumpulan dari server-server yang ada didalam jaringan besar atau semacam network peer, kebanyakan menggunakan teknologi SAN (Storage Area Network) sehingga memiliki keuntungan dalam hal redundansi data yang baik ketimbang server-server stand alone.

Oh iyah nih...  Cloud Hosting masuk kedalam kategori yang ada di Cloud Computing lhoo!, yang terbagi menjadi 3 kategori yaitu :  Layer Aplikasi, Layer Platform, dan Layer Infrastruktur.
  • Kategori Layer Aplikasi dapat diimplementasikan dalam bentuk layanan umum seperti yang digunakan pada Google Music, Amazone Cloud Player, dan lain-lainnya.  
  •  Kategori  Layer Platform dapat digunakan dalam bentuk sistem operasi / pengaya sistem operasi seperti yang digunakan CloudLinux atau sistem virtualisasi.
  • Kategori Layer Infrastruktur berupa fisik komputer atau server yang terhubung dengan internet.
Mau tahu gk ?  Cloud Hosting masuk ke dalam Kategori apa ? Cloud hosting masuk kedalam kategori Layer Platform. Yang akan mengelola beban puncak dengan lebih mudah, tanpa menghadapi masalah kekurangan bandwidth dan mengurangi kemungkinan terjadinya downtime saat terjadi kerusakan pada server karena server lain dapat menyediakan sumber daya tambahan.

Hal ini dimungkinkan karena situs web tidak mengandalkan hanya satu server, melainkan sekelompok server yang bekerja sama yang disebut sebagai “awan (cloud)”.


Karena cara Kerja Cloud Hosting ialah setiap server di jaringan cloud hosting memiliki satu set tugas tertentu. Saat terjadi gangguan pada satu server, maka server lain akan menggantikan server yang gagal tersebut dan menyediakan sumber daya yang diperlukan. Hal yang sama juga terjadi dalam kasus overloading (kelebihan beban). Untuk memastikan cloud hosting bisa berfungsi baik, diperlukan hardware server berkualitas tinggi agar mampu menjalankan berbagai tugas tersebut.

“Contoh Google akan menjadi contoh paling mudah. 
Cara Kerja Cloud Hosting ialah ?
Mesin pencari Google menempatkan sumber dayanya ke ratusan cloud hosting. Hal ini membuat Google belum pernah mengalami downtime selama dekade terakhir ini.”


Kelebihan Cloud Hosting
  • Cloud hosting yang memiliki jaringan server akan memiliki waktu “uptime”  
Kekurangan Cloud Hosting
  • Harga yang cukup mahal,  karena membangun jaringan server yang berkualitas tinggi.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar